Mahasiwa : Gali Potensi dengan Wirausaha


Menurut saya, mahasiswa yang sukses adalah mahasiswa yang mampu menemukan dan mengembangkan ide atau gagasannya dalam memanfaatkanpeluang karir dalam kehidupannya. Khususnya mahasiswa dapat mempersiapkan diri menjadi enterpreneur yang sukses. Dalam dunia wirausahasebenarnya mahasiswa berada dalam sisi yang menguntungkan. Kenapa? karena mahasiswa adalah masa yang tepat untuk menjadi dan belajar wirausaha. Karena mahasiswa tidak dianggap sebagai kompetitor ketika masuk dalam dunia enterpreneur. Tetapi sayangnya, masih banyak mahasiswa yang belum menyadari ini, masih banyak mahasiswa yang beranggapan berwirausaha ketika masih kuliah belum tepat waktunya, jadi pada intinya telah terjadi pergeseran nilai pada diri mahasiswa sekarang yang hanya mementingkan study oriented saja. Padahal semua ini melatih mental kita yang sangat penting untuk bekal ke depannya.

Jadi, jika ditelaah ermasalahan yang dihadapisekarang  oleh seorang mahasiswa yang enggan terjun ke dunia wirausaha ketika masih kuliah adalah takut mengganggu prestasi academic mereka. Tidak bisa dipungkiri bahwa ketika kita mengambil keputusan untuk terjun ke dunia wirausaha ketika kuliah tentu saja waktu kita yang digunakan untuk belajar agak sedikit terganggu. Memang benar prestasi academic tidak bisa dilepaskan dari seorang mahasiswa. Bagaimana pun juga, prestasi academicadalah bukti nyata keberhasilan kita dalam menuntut ilmu semasa perkuliahan tentunya hal ini yang terjadi di negara Indonesia.

Oleh karena itu, saya ingin berbagi melalui tulisan ini bukankah  berwirausaha tetapi prestasi academic terus meningkat. Tentunya ini harapan semua mahasiswa. termasuk saya pribadi 😀

Menurut saya dalam berwirausaha ada dua modal yaitu iqra dan action. Iqra yang artinya baca, maksudnya adalah bacalah peluang bisnis disekitar kitadan action adalah tindakan. Selain itu juga dalam berwirausaha selalu bekerja dengan jujur dan selalu menjaga kepercayaan orang lain.

Dalam menjalankan wirausaha semasa kuliah dan tetap menjaga prestasi academic adalah dengan menjalankan wirausaha itu secara ikhlas. Maksudnya pilihlah jenis-jenis usaha yang sesuai kemampuan kita dan hobi kita. Jangan menargetkan dulu untung yang besar. memang untung adalah tujuan utama dalam suatu perdagangan atau bisnis, tetapi kontekstualnya dalam hal ini adalah kita kuliah sambil berwirausaha bukan berwirausaha sambil kuliah. Memang tampak terlihat sama tapi beda maksudnya sobat.

Kita sebagai generasi muda sekaligus sebagai agen pembaru bangsa ini, tentunya mempunyai tanggungjawab yang besar untuk menentukan nasib bangsa ini ke depannya. Mulailah detik ini rubah mind set kita bahwa kuliah yang kita jalani ini bukan hanaya semata untuk mencari pekerjaan namun ada pilihan lebih mulia dari pada sekedar bekerja yaitu membuka peluang usaha, dengan wirausaha selain akan melatih kemandirian dan kebebasan mengexplorasi potensi juga dapat membantu membuka peluang pekerjaan bagi orang lain.

Jangan belenggu potensi minat dan bakat kita, pengusaha yang sukses dapat mengangkat harkat martabat bangsa ini dari berbagai kertepurukan. salam sukses sobat.

Iklan
By Al-Kaimiyah Project

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s