Kepastian Yang Tertunda


Hampir berbulan-bulan bahkan hampir satu tahun mungkin saya tidak mengisi blog saya ini dengan sebuah tulisan. Sebenanrnya ingin sekali menulis setiap minggunya, namun kesibukan semasa kuliah S2 ini membuat management waktu yang perlu di tata kembali.

Oh iya.. saat ini saya sudah memutuskan melanjutkan studi S2 saya di Institut Teknologi Bandung (ITB) dengan spesialisasi elektroanalitik di Bidang Kimia. Saya memutuskan mengambil Dalam Negri (DN) karena beberapa hal salah satunya scholarship yang saya peroleh tidak bisa di alihkan ke kampus Luar Negri (LN). Agak sedikit kecewa memang, ketika saya sudah diterima di salah satu kampus di Jepang yaitu Osaka University (OU) tapi saya tak bisa melanjutkan pendidikan saya di sana.

Namun, saya yakin bahwa Allah subhana wa ta’ala selalu ikut campur dalam segala urusan saya. Saya yakin bahwa ada sebuah proses yang harus terus di jalani oleh seorang manusia sebagai hamba-Nya. Proses ini akan memberi pelajaran di setiap peristiwa yang terjadi pada diri kita dan sebaiknya kita sebagai hamba-Nya terus menela’ah atas kehendak yang Allah berikan kepada kita.

Saya rasa tak ada gunanya kita menggerutu dan terus mengeluh seakan-akan takdir ini tak adil pada kita. Yang perlu dilakukan adalah kita menjalani proses tersebut dan meyakini bahwa ketetapan yang telah Allah berikan pasti merupakan ketetapan yang baik menurut pandangan-Nya.

”Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu mema`lumkan: ”Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (ni`mat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (ni`mat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih“. (QS.Ibrahim(14):7).

Namun, memang melakukan atau action itu tidak semudah berkata. Kata hanya terdiri dari sebuah susunan huruf yang mudah diucapkan. Beda halnya dengan sebuah tindakan, tindakan memerlukan niat yang ikhlas dan bersungguh-sungguh untuk bisa maksimal dalam melakukannya.

Oh iya satu hal lagi, Allah itu sudah mempunyai jalan yang begitu indah untuk kita jalani. Kita hanya perlu menunggu kepastian yang tertunda dari rangkaian proses Nya.

 

Salam,

Ganjar Fadillah

Mahasiswa S2 Kimia Analitik, Institut Teknologi Bandung

Iklan
By Ganjar Journals

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s